Pastiramai.com - Bacaan Menarik Indonesia

Selasa, 10 April 2018

UNBK SMA 2018 Hari Pertama Tak Diwarnai Isu Kebocoran Soal!


Pastiramai.com - Hari pertama Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA, MA dan SMALB digelar Senin (9/4/2018). Pelaksanaan ujian kelulusan itu secara umum berjalan tanpa diwarnai oleh isu soal yang bocor.

Ujian akan berlangsung hingga tanggal 12 April dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran jurusan.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat (Kadisdik Jabar), Ahmad Hadadi, tahun ini pelaksanaan ujian jenjang SMA dilaksanakan 100 persen UNBK untuk wilayah Jawa Barat.

Untuk itu, sesi ujian akan dibagi menjadi dua atau tiga sesi sesuai kebutuhan dan jumlah siswa masing-masing sekolah. Keterbatasan komputer yang dapat digunakan untuk UNBK SMAmenyebabkan pelaksanaannya tidak bisa sekaligus.

Di seluruh Indonesia, ada 16 propinsi yang sudah 100 persen menyelenggarakan UNBK SMA, Jabar salah satunya. Sisanya masih belum bisa 100 persen memakai komputer karena terkendala peralatan yang belum mendukung.

“Tahun ini ujian 100 persen berbasis komputer. Kita pun kemarin sudah memberikan bantuan komputer kepada sekolah untuk pelaksanaan UNBK. Dan insya Allah ujian berbasis komputer ini tanpa kebocoran soal,” jelas kadisdik Jabar, Ahmad Hadadi.

Diselenggarakannya UNBK membuat siswa sulit untuk berlaku tidak jujur, apalagi menerima bocoran soal. Soal hanya bisa dikerjakan di komputer dan masing-masing komputer bisa saja berbeda urutan soalnya. Bisa dibilang hasil UNBK nantinya adalah murni hasil belajar siswa sendiri.

2 komentar: