Pastiramai.com - Bacaan Menarik Indonesia

Rabu, 14 Maret 2018

Yuk, Ketahui Hormon Yang Berperan Selama Masa Kehamilan!

Foto : Copyright Thinkstockphotos.com
Pastiramai.com - Selama masa kehamilan, tubuh seringkali mengalami perubahan yang kadang membawa ketidaknyamanan selama kehamilan, salah satunya morning sickness di awal kehamilan. Tahukah Anda siapa penanggungjawab di balik rasa mual dan muntah yang seringkali kita alami di awal kehamilan ini? Yap. Hormon.

Ketika terjadi kehamilan, tubuh bereaksi dengan membentuk perubahan dan segera memproduksi hormon. Hormon adalah zat yang dihasilkan berbagai kelenjar endokrin di dalam tubuh dan beredar di dalam darah. Setiap orang harus memiliki hormon untuk dapat bertahan hidup dan membantu sistem metabolisme tubuh, tidak terkecuali ibu hamil. Bagi ibu hamil, hormon mengambil peranan untuk membantu perkembangan janin di dalam rahim kita.

Nah, apa saja sih hormon yang berperan selama masa kehamilan? Yuk simak ulasan yang telah kami rangkum dari laman www.justmommies.com, berikut ini.

  • Hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Hormon kehamilan ini diproduksi sesaat setelah terjadi pembuahan. Hormon ini juga diperlukan untuk mendukung pertumbuhan plasenta yang berperan menyalurkan nutrisi dan oksigen dari tubuh sang ibu ke janin. Selain itu, hormon yang dihasilkan oleh Vili Chorialis (Chorionic Villi) ini juga diperlukan untuk menjaga imunitas tubuh selama masa kehamilan.

  • Hormon HPL (Human Placental Lactogen). Bila HCG diproduksi oleh Vili Chorialis, HPL diproduksi oleh oleh plasenta. HPL adalah hormon protein yang dapat menstimulasi pertumbuhan serta mengakibatkan perubahan metabolisme lemak dan karbohidrat. Selain itu, hormon HPL ini juga yang nantinya akan membantu ibu memproduksi ASI setelah melahirkan.

  • Hormon Relaxin. Hormon kehamilan yang satu ini diproduksi oleh plasenta dan korpus luteum. Fungsi utama hormon relaxin ini adalah untuk memberikan efek relaksasi pada bagian sendi panggul dan juga dapat melembutkan bagian leher rahim. Hormon ini membantu ibu hamil untuk mengurangi rasa pegal di daerah panggul selama menjalani masa kehamilan.

  • Estrogen. Anda mungkin telah sering mendengar nama hormon yang satu ini, ya? Hormon estrogen merupakan hormon yang diproduksi oleh ovarium dan berperan untuk membantu meningkatkan pertumbuhan saluran kelenjar susu (kelenjar mammae) yang sangat penting saat masa menyusui. Selain itu, hormon estrogen juga memainkan peranan yang sangat penting saat masa persalinan, sebab hormon ini membantu memicu adanya kontraksi pada rahim serta mampu memperkuat dinding rahim saat terjadi proses persalinan.

  • Progresteron. Hormon progesteron adalah hormon yang berfungsi untuk menciptakan lapisan dinding rahim yang berperan untuk menahan plasenta yang terdapat pada bagian dalam rahim.

Nah, itulah beberapa jenis hormon yang berperan selama masa kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya, Bunda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar