Pastiramai.com - Bacaan Menarik Indonesia

Rabu, 21 Maret 2018

Puti kenalkan kartu Jatim sehat pada ribuan wanita pekerja pelinting Kretek Sampoerna!

Puti Guntur berjumpa dengan ribuan pekerja Pabrik Rokok PT HM Sampoerna di Lamongan 2018 Pastiramai.com
Pastiramai.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno bertemu dengan ribuan wanita pekerja pelinting rokok Mitra Produksi Sigaret (MPS) KUD Tani Mulyo, Jalan Raya Lamongan-Babat, Lamongan, Selasa (20/3).

Di hadapan ribuan pekerja ini, Puti mengenalkan berbagai macam programnya bersama Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Salah satunya wacana untuk meluncurkan 'Kartu Jatim Sehat (KJS)'. "Layanan ini diperuntukkan bagi keluarga miskin yang belum mendapatkan fasilitas BPJS Kesehatan maupun JKN Kartu Indonesia Sehat," katanya.

Untuk program ini, kata Puti, setiap tahunnya bakal dianggarkan sebesar Rp 75 miliar, dan ditargetkan dimanfaatkan kepada 250 ribu jiwa masyarakat Jawa Timur. Dengan layanan ini, diharapkan beban kehidupan runah tangga masyarakat, khususnya kepala keluarga perempuan berkurang.

"Ibu-ibu dan mbak-mbak di sini merupakan pahlawan rumah tangga. Bekerja membanting tulang untuk menghidupi perekonomian rumah tangga," pujinya kepada para pekerja yang mayoritas dari kaum hawa ini.

Selain Kartu Jatim Sehat, Puti juga mengenalkan program lainnya yang bersentuhan dengan pemberdayaan perempuan. Di antaranya, Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan (Dik Dilan). Dengan program ini, para ibu diajak untuk menyekolahkan anak-anaknya setidaknya hingga jenjang SMA/SMK.

Puti Guntur berjumpa dengan ribuan pekerja Pabrik Rokok PT HM Sampoerna di Lamongan 2018 Pastiramai.com
Selain itu, melalui programnya PKH Super, Gus Ipul-Puti juga menyediakan bantuan permodalan bagi kepala keluarga perempuan miskin dengan besaran Rp 1,5 juta-Rp 3 juta setiap tahunnya. "Terakhir, kami mewacanakan akan rutin membagikan paket nutrisi rumah tangga keluarga miskin senilai Rl 1,5 juta yang berupa daging, telur dan lain sebagainya" tambahnya.

Mendengar program-program yang disampaikan, para pekerja pelinting rokok ini tampak begitu antusias dan riuh menyambut dengan tepuk tangan. Dalam kesempatan itu, ribuan buruh wanita itu berebut menyalami putri Guntur Soekarno Putra. Tidak hanya itu para pekerja juga mengajak berswafoto.

Diketahui, MPS KUD Tani Mulyo ini awalnya merupakan bentukan koperasi. Kemudian seiring perkembangan usahanya diajak kerjasama oleh produsen rokok Sampoerna untuk menjadi mitra dalam proses pelintingan rokok kretek Sampoerna. [hhw]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar