Pastiramai.com - Bacaan Menarik Indonesia

Jumat, 23 Maret 2018

Pasca Keguguran, Istri Kedua Opick Menjalani Prosedur Kuretase, Apa Itu?

copyright Liputan6.com/Net TV
Pastiramai.com - Kabar duka kembali melanda tanah air. Istri kedua Opick meninggal. Ya, istri dari penyanyi religi tanah air tersebut menghembuskan nafas terakhirnya kemarin. Dari beberapa kabar yang ada, wanita bernama Wulan Mayasari tersebut meninggal dunia setelah kondisinya terus menurun untuk beberapa hari terakhir.

Sebelum meninggal dunia, istri kedua Opick ini rupanya telah mengalami keguguran dua bulan lalu. Calon buah hati Wulan meninggal dunia di dalam rahim saat usia kandungannya menginjak delapan bulan. Kabar ini sendiri disampaikan oleh seorang sahabat Opick yakni Ustad Derry Sulaiman, Senin (19/03).

Derry menyebut bahwa istri kedua Opick meninggal setelah menjalani pemulihan usai kuretase. Kondisi Wulan Mayasari diketahui terus menurun pasca dikuret dan beberapa kali keluar masuk rumah sakit. "Habis itu kondisi istrinya drop. Keluar masuk rumah sakit terus diopname. Ke luar sehat, masuk sakit lagi," kata Derry.

Istri kedua Opick meninggal dunia/copyright Liputan6.com/Istimewa
Mengenai Prosedur Kuretase, Apa Itu?

Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina, dr Ifzal Asril, yang tidak menangani istri kedua Opick, menjelaskan bahwa kuretase merupakan sebuah tindakan membersihkan rongga rahim dari jaringan sisa kehamilan. Atau, kalau bayi meninggal di usia kehamilan yang sudah besar, kuretase ini dilakukan untuk membersihkan jaringan kehamilan yang tersisa atau yang tidak diperlukan.

"Kuretase bisa juga untuk mengambil jaringan sample untuk dilakukan pemeriksaan patologi anatomi," kata Ifzal saat dihubungi Health Liputan6.compada Senin, 19 Maret 2018.

Sementara itu, Spesialis Kebidanan dan Kandungan dari Rumah Sakit Brawijaya, dr Ali Sungkar SpOG, menambahkan, "Dikuretase itu namanya dikeruk. Bisa habis keguguran atau sehabis melahirkan pun bisa dikuret."

Kuretase berarti mengeruk dinding rahim. Untuk wanita yang sehabis melahirkan, kuretase adalah tindakan mengerok sisa-sisa plasenta. Tidak hanya dikeruk, kuretase bisa menggunakan alat suction atau sedot. "Itu untuk mengeluarkan hasil konsepsi sebenarnya," ucap dr Ali Sungkar.

Wulan Mayasari, mendiang istri kedua Opick/copyright instagram.com/wulan7869
Setelah Menjalani Kuretase, Kapan Boleh Hamil Lagi?

Lantas, wanita harus menunggu berapa lama untuk bisa kembali hamil setelah kuretase? "Biasanya tiga bulan intervalnya, supaya dinding rahimnya sembuh dulu," kata dr Ifzal Asril.

Akan tetapi bukan berarti pasangan suami istri tidak boleh berhubungan intim. "Boleh saja, yang penting jangan hamil dulu. Tunda. Berhubungan seks pakai kondom saja."

Sedangkan menurut Ali Sungkar, kapan saja perempuan yang habis kuretase itu mau hamil, silakan saja. Selama siklusnya sudah kembali. "Selama dinyatakan bersih dan sudah balik siklusnya, enggak masalah. Bisa hamil lagi satu siklus atau dua siklus."

Well sudah lebih tahu mengenai prosedur kuretase kan ladies? Semoga informasi ini bermanfaat. Untuk mendiang istri Opick, selamat jalan. Semoga mendapat tempat terbaik di sisiNya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta kekuatan.

1 komentar:

  1. AYO MENANG DAN TINGGALKAN SITUS LAMA MU
    Sekarang sudah tidak jaman lagi main poker online kalah terus. Saatnya beralih dan menjadi pemenang dengan bermain di AkuPoker, karena lebih banyak menangnya. Penasaran? Silahkan daftar sekarang, dan Anda bisa buktikan.

    Minimal deposit terjangkau di AkuPoker Rp 10.000 + Bonus Member baru 100%, Bonus Pulsa dan pilihan bonus menarik lainnya.
    info : www.akupoker(.)net, add BBM (D8D34E1A), WA(087887670252), Line (aku.poker)

    BalasHapus