Pastiramai.com - Bacaan Menarik Indonesia

Jumat, 16 Februari 2018

Tips Mengolah Uang Angpao Pada Anak, Penting Mom

Angpao/Copyright Shutterstock

Pastiramai.com - Gong xi fa cai! Xin Nian Kuai Le! Tahun baru kali ini berapa jumlah angpao yang didapat si kecil? Banyak? Nah, momen ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan anak bagaimana mengatur keuangan. Bijak mengatur keuangan bisa diajarkan sejak dini, dan hal ini dapat membantu si anak untuk sukses di masa depannya.

Mom, berikut ini adalah cara untuk mengajarkan si kecil dalam mengatur keuangannya melalui momen Imlek. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Biarkan Anak Menyimpan Uangnya

Beberapa orang tua mengambil angpao yang diterima anak dengan alasan untuk membeli keperluan si anak. Sst, mom sebaiknya hindari melakukan hal ini. Alih-alih menyisihkan angpaonya ajak si kecil untuk membelanjakan angpao yang ia terima dengan bijak.

Percayakan semua uang salam tempel agar dikelola anak dengan pengawasan dari mom. Semakin dini anak mengerti bagaimana mengatur uang, semakin dia memahami bahwa uang tidak datang begitu saja dan harus dikelola penggunaannya.

2. Bantu Ia Mengawasi Bukan Mengaturnya

Bantu si kecil untuk membedakan mana keinginan atau kebutuhannya. Sarankan si kecil untuk menggunakan angpao yang ia terima untuk memenuhi kebutuhannya. Mom juga dapat menyarankan si kecil untuk menabung uang angpao yang ia dapat.

3. Ajarkan Juga Tentang Berbagi Ya

Sebanyak dan sekecil apapun uang salam tempel yang diterima anak, kewajiban mom untuk membiasakan si kecil membaginya kepada orang lain. Well, beramal bisa diajarkan sejak dini loh. Dengan hal sederhana seperti ini anak-anak akan lebih menghargai uang.

Nah, mom demikian tips mengolah angpao untuk anak. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

(vem/apl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar