Pastiramai.com - Bacaan Menarik Indonesia

Kamis, 22 Februari 2018

Tech 3 Resmi Putuskan Tinggalkan Yamaha di MotoGP 2019

Rider andalan Tech 3 Racing, Johann Zarco. © Tech 3

Pastiramai.com - Kabar mengejutkan datang dari Monster Yamaha Tech 3. Usai kerjasama berjangka 20 tahun, tim asal Prancis ini memutuskan untuk meninggalkan Yamaha Motor Racing untuk MotoGP 2019. Hal ini diumumkan secara resmi oleh kedua belah pihak pada hari Kamis (22/2).

Belum diketahui pabrikan mana yang akan dijadikan Tech 3 partner kerjasama tahun depan, namun mereka dipastikan akan tetap turun di MotoGP dan akan segera merilis pengumuman lebih lanjut. Yamaha sendiri tengah memutuskan apakah mereka akan menurunkan tim satelit.

Sang bos tim, Herve Poncharal telah memulai proyek Tech 3 pada tahun 1989 di kelas GP250, dan menjalin kerjasama dengan Yamaha di kelas yang sama pada tahun 1999 bersama Olivier Jacque dan Shinya Nakano. Pada tahun 2001, Tech 3 dan Yamaha melanjutkan kerjasama di kelas GP500 dengan rider yang sama dan terus berpartner saat GP500 berubah menjadi MotoGP hingga saat ini.

Herve Poncharal dan Pol Espargaro pada tahun 2016. (c) MotoGP
Selama bekerja sama, prestasi terbaik Tech 3 dan Yamaha adalah peringkat keempat pada klasemen pembalap lewat Andrea Dovizioso pada tahun 2012 lalu. Mereka juga menghasilkan lima debutan terbaik, yakni Sylvain Guintoli (2007), Ben Spies (2010), Cal Crutchlow (2011), Pol Espargaro (2014) dan Johann Zarco (2017).

Kouichi Tsuji - General Manager Motorsport Development Division dan Presiden Yamaha Motor Racing:

"Baru-baru ini kami diberitahu oleh Herve Poncharal, pemilik Tech 3, bahwa ia telah memutuskan tak memperpanjang kontrak dengan Yamaha untuk menyewa motor YZR-M1. Usai diskusi dengan Herve, sudah jelas bahwa ia memilih bekerja sama dengan partner lain untuk masa depan, dan secara prihatin kami memilih untuk menghormati dan menerima keputusannya.
Akhir dari kerjasama yang sukses ini jelas membuat kami sedih, mengingat ini juga berarti akhir dari kerjasama yang panjang. Kami sangat berterima kasih atas kesetiaan dan dukungan Herve kepada Yamaha dan hasil-hasil menakjubkan selama ini.
Kami akan terus memberikan dukungan penuh bagi Tech 3 dan rider mereka sepanjang 2018, sembari mengevaluasi semua opsi kami untuk altenatif tim di MotoGP 2019 dan selanjutnya."

Herve Poncharal - Pemilik dan Team Principal Tech 3 Racing:

"Untuk menyimpulkan 20 tahun kerjasama yang menakjubkan antara Tech 3 dan Yamaha dalam beberapa kata sangatlah sulit. Sejak pertama kali saya bertemu Mr. Iio pada 1998, di mana ia memberi saya kesempatan bergabung dengan Yamaha Motor Corporation, ini telah menjadi perjalanan yang luar biasa.

Saya ingat semua memori fantastis, hasil-hasil baik, atmosfer menyenangkan dan perasaan kagum yang kami rasakan bersama Keluarga Yamaha, yang akan selalu ada di pikiran dan hati saya. Jelas, mengakhiri kerjasama macam ini adalah keputusan besar bagi saya. Saya ingin berterima kasih banyak kepada Mr. Tsuji, Mr. Jarvis dan Mr. Nakajima, serta semua orang yang telah mendukung dan membantu kami.

Tech 3 adalah perusahaan kecil, yang harus memikirkan masa depan dan harus mempertimbangkan opsi berbeda. Kami telah disodori tawaran, yang termasuk hal yang sudah kami tunggu-tunggu sejak kami memulai Tech 3 dan saya tak bisa menolak. Tapi jelas, kami masih Monster Yamaha Team sampai lap terakhir di GP Valencia 2018. Johann Zarco dan Hafizh Syahrin akan memperebutkan posisi top dan tak diragukan lagi, Yamaha bisa mengandalkan kami sebagai partner yang loyal.
Sekali lagi terima kasih banyak atas dukungan Yamaha. Saya harap mereka bisa terus meraih sukses dan mendapat partner untuk menggantikan Tech 3." (tr/ymr/kny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar