Pastiramai.com - Bacaan Menarik Indonesia

Jumat, 16 Februari 2018

7 Fakta Tentang Angpao yang Diberikan Setiap Imlek

7 Fakta Tentang Angpao yang Diberikan Setiap Imlek

Angpao/Copyright Shutterstock
Pastiramai.com - Selain deretan makanan yang khas, ada hal lain yang paling ditunggu saat Imlek, yaitu angpao. Tradisi ini ini muncul sekitar zaman Ming dan Qing. tujuan pemberian angpao adalah agar penerimanya dapat membeli barang hadiah tahun baru sesuai dengan keinginannya. Seiring perkembangan zaman, angpao diberikan agar lebih praktis alih-alih memberikan hadiah berupa barang.

Dalam tradisi Tionghoa, angpao adalah pemberian wajib, dan yang berhak memberikan angpao biasanya orang yang telah menikah, karena pernikahan dianggap merupakan peralihan dari anak-anak ke dewasa, dan ada anggapan bahwa orang yang telah menikah dan telah mapan secara ekonomi.

Nah, tahukah kamu jika ada 7 fakta unik tentang angpao ini. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Warna merah pada angpao memiliki makna kebaikan, semangat dan kesejahteraan. Jadi, bagi kamu yang menerima maupun memberi diharapkan memiliki nasib yang baik sepanjang tahun nanti.
  2. Angpao tidak hanya diberikan saat Imlek namun juga saat acara pernikahan, ulang tahun, menempati rumah baru dan acara pemakaman. Khusus di acara pemakaman, angpao yang diberi warna putih. Jadi jangan salah memberi angpao ya?
  3. Saat memberi angpao diharapkan untuk selalu memiliki jumlah yang genap, karena angpao ganjil hanya diberikan untuk angpao duka cita.
  4. Hindari angpao dengan nominal angka yang dimulai angka 4. Dalam tradisi tionghoa, angka 4 artinya 'mati' dan angka sial. Nominal yang disarankan adalah mengandung angka 8 karena artinya kaya dan penuh keberuntungan.
  5. Jika kamu sudah menikah maka wajib memberikan angpao. Siapa yang menerima angpao? Anak-anak dan orang yang dituakan.
  6. Yang belum menikah boleh memberikan angpao asalkan kamu memberikan kepada kerabat yang lebih muda dan pastikan amplop yang kamu berikan berwarna merah.
  7. Angpao yang diberikan saat pernikahan menunjukkan seberapa hubungan dekat pemberi dan penerima angpao. Jika hubungannya dekat maka angpao yang diberikan semakin banyak, begitu juga sebaliknya.

Well, demikian fakta tentang angpao yang perlu kamu ketahui. Lebih dari berapa jumlah uang yang diberikan dalam angpao, hal yang terpenting adalah doa dan keikhlasannya. Jadi, selamat Tahun Baru Imlek!

(vem/apl)

1 komentar: