Pastiramai.com - Bacaan Menarik Indonesia

Sabtu, 10 Februari 2018

5 Hal Penting yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerja

5 Hal Penting yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Wawancara Kerja

Wawancara kerja/copyright pexels.com
Pastiramai.com - Sedang mencari kerja dan sekarang dalam proses seleksi? Nah, setelah rangkaian panjang tes kerja ada tes yang paling menentukan diterima atau tidaknya kamu di perusahaan impian. Yup, saatnya tes wawancara. Tes ini sangat penting karena biasanya menjadi waktu yang tepat untuk atasan mencari tahu tentang kamu dengan informasi yang sedetail mungkin.

Ladies, jika kamu sedang melakukan wawancara kerja sebaiknya lakukan hal ini. Sst, rahasia ini bisa menjadi kunci kamu sukses lolos wawancara kerja. check this out!

Tampil Profesional

Meskipun ada pepatah jangan menilai sesuatu dari covernya, namun dalam dunia kerja hal ini sangat penting. Perhatikan pakaian yang akan kamu pakai dalam wawancara kerja. Kenakan pakaian yang profesional. Setelan kemeja dengan warna yang tidak mencolok bisa kamu pilih.

Memilih warna hitam saat wawancara kerja pun sangat disarankan. Warna hitam memberi kesan tegas, serius, kuat dan terpercaya. Itulah mengapa banyak orang akan memilih warna hitam sebagai warna dasar untuk melamar pekerjaan.

Tetap Tenang

Saat melakukan wawancara pastikan kamu tetap tenang. Jangan panik. Rasa gugup dan tidak tenang akan membuat pewawancara merasakan ketakutan dan kurangnya kepercayaan diri. Cobalah untuk berpikir tenang apapun yang kamu rasakan. Jangan lupa untuk datang tepat waktu.

Perhatikan Gestur Tubuh

Jangan ragu untuk menjabat tangan pewawancara. Perhatikan gestur tubuh kamu sehingga memberikan kesan percaya diri dan tenang. Tunjukkan bahwa kamu penuh rasa percaya diri. Hal sederhana ini akan membuat pewawancara akan terkesan padamu.

Jabat tangan pewawancara dengan tegas/Copyright Shutterstock
Buat dirimu santai, jangan lupa tersenyum dan tatap pewawancara dengan pandangan percaya diri. Saat berjabat tangan, pastikan genggaman tangan kamu mantap, tidak terlalu lemah atau bersemangat hingga membuat tangan orang lain sakit.

Hindari Terlalu Banyak "Umm" dan "Ngg"

Tanda sadar seringkali kamu mengatakan hal ini saat merasa kehilangan fokus. Mungkin kamu tidak dapat menghilangkannya tapi usahakan untuk menguranginya. Tidak ada salahnya jika kamu berlatih terlebih dahulu sebelum melakukan wawancara kerja.

Tunjukkan Sikap Antusias

Tunjukkan sikap ketertarikan dan keinginan besar untuk bergabung dengan perusahaan. Ketertarikanmu dapat dilihat dari gestur tubuh yang kamu tunjukkan. Duduklah tegap dan jangan menyandar, tatap mata pewawancaramu dan tetap fokus.

Ladies, demikian 5 hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan wawancara kerja. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(vem/apl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar